Selasa, 07 April 2015

KARAKTER DAN SIMBOLISASI WARNA/BAHASA RUPA WARNA

Mempelajari nirmana berguna untuk melatih kepekaan artistik dan melatih keterampilan teknis kesenirupaan.
Di samping itu juga untuk memmperkuat pemahaman bahasa rupa yang di antaranya mengenai bahasa rupa warna. Berikut ini dijelaskan tentang bahasa rupa warna berupa karakter dan simbolisasi warna.
Karakter warna ini berlaku untuk warna-warna murni (warna pelangi). Jika warna-warna itu telah berubah menjadi lebih muda, tua atau menjadi redup, karakternya akan berubah.

Kuning

Warna kuning berasosisasi pada sinar matahari,bahkan pada mataharinya sendiri, yang menunnjukkan keadaan terang dan hangat. Kuning mempunyai karakter terang, gembira, ramah, supel, riang, cerah, hangat. Kuning melambangkan kecerahan, kehidupan, kemenangan, kegembiraan, kemeriahan, kecermelangan, peringatan dan humor.


  • Kuning cerah adalah warna emosional yang menggerakkan energi dan keceriaan, kejayaan dan keindahan.
  • Kuning emas melambangkan keagungan, kemewahan, kejayaan, kemgahan, kemuliaan, dan kekuatan.
  • Kuning sutera adalah warna marah sehingga tidak populer.
  • Kuning tuan dan kuning kehijau-hijauan mengasosiasikan sakit, penakut, iri, cemburu, bohong, dan luka.
  • Bendera kuning kadang-kadang digunakan pada kapal karantina, atau rumah sakit. Pada masyarakat barat Kristen warna kuning digunakan dalam geraja-geraja, pada mahkota suci Yesus, Maria, hiasan altar, dan sebagainya untuk melambangkan keagungan.
  • Warna kuning juga digunakan pada upacara-upacara agama Hindu dan Budha sebagai lambang keagungan.
Jingga/Orange
Warna jingga (orange) berasosiasi pada awan jingga atau jeruk jingga (orange). Awan jingga terlihat pada pagi hari sebelum matahari terbit, menggambarkan gelap malam menuju terbit matahari, sehingga melambangkan kemerdekaan, anugerah, kehangatan,. Awan jingga juga terlihat pada senja menjelang malam, mengingatkan sebentar lagi akan gelap malam, sehingga melambangkan bahgaya. Warna ini melambangkan kemerdekaan, penganugerahan, kehangatan, keseimbangan, tetapi juga melambangkan bahaya.

  • Jingga menimbulkan sakit kepala, dapat memengaruhi sistem syaraf, dapat menggetarkan jiwa,menimbulkan nafsu makan.
  • Lampu traficlight pada bagian yang berwarna merah jingga menandakan bahaya.
  • Pakaian pemadam kebakaran umumnya merah jingga. Jigga merupakan warna paling menyolok (terlihat lebih dulu daripada warna lain)sehingga banyak digunakan sebagai pakaian para petugas di keramaian.
  • Pesawat terbang dengan warna jingga akan terlihat lebih menyolok di langit biru.
  • Warna ini akan mengingatkan orang pada buah orange sehingga akan menambah rasa manis jika untuk warna makanan.
  • Jingga akan menimbulkan kesanh murah, dalam arti harga sehingga banyak dgunakan sebagai warna pengumuman penjualan obral.
Merah 
Warna merah bisa berasosiasi pada darah, api, juga panas. Krakternya kuat, cepat, enerjik, semangat, gairah, marah, berani, psitif, agresif, merangsang, dan panas. Merah merupakan simbol umum dari sifat nafsi primitive, marah, berani, perselisihan, bahaya, perang, seks, kekejaman, bahaya, dan kesadisan.
Dibanding warna lain, merah adalah warna paling kuat dan enerjik. Warna ini bersifat menaklukkan, ekspansif, dan dominan (berkuasa).

  • Merah adalah [positif, agresif, dan enerjik; warna pertama yang digunakan pada seni primit8if maupun klasik.
  • Warna ini paling populer pada wanita.
  • Api merupakan lambang keberanian, kekuatan, kemarahan.
  • Darah merupakan lambang perang, kekejaman, kesadisan.
  • Merah dipakai dalam tanda stop, lampu merah, lampu rem, peralatan pemadam kebakaran, dan pintu keluar tanda bahaya.
  • Merah dapat meningkatkan tekanan darah, juga detak jantung.
  • Namun, jika merahnya adalah merah muda (rose) warna ini memiliki arti kesehatan, kenugaran, keharuman bunga rose.
Ungu
Ungu sering disamakan dengan violet, tetapi ungu ini lebih dapat disamakan dengan purple, karena warna tersebut cenderung kemerahan. Sedangkan violet cenderung kebiruan. Ungu memiliki watak keangkuhan, kebesaran, dan kekayaan. Ungu merupakan pencampuran antara merah dan biru sehingga juga membawa atribut-atribut dari kedua warna tersebut, sehingga ungu adalah warna raja, yang memang digemari raja-raja kuno.

  • Permata banyak di pajang dengan warna ini untuk memperoleh kesan tersebut. Ungu adalah lambang kebesaran, kejayaan, keningratan, kebangsawanan, kebijaksanaan, pencerahan.
  • jubah ungu melambangkan kewibawaan dan ketinggian derajat.
  • Namun ungu juga melambangkan kekejaman, arogansi, duka cita, dan keeksotisan.
  • Untuk cat ruangan anak-anak, warna ungu dapat meningkatkan imajinasi.
  • Sedangkan ruang kerja ungu dapat meningkatkan inspirasi
Violet 
Violet (lembayung) warna yang lebih dekat dengan biru. Sesungguhnya antara warna violet dan biru terdapat warna indigo. Watak warna violet adalah dingin, negatif, diam. Violet hampir sama dengan biru, tetapi lebih menekankan dan meriah. Warna ini memiliki watak melakoni, kesusahan, ksedihan, belasungkawa, bahkan bencana.

Biru
Warna biru memiliki asosiasi dengan air, laut, langit, dan di Barat pada es. Biru mempunyai watak dingin, pasif ,melakono, sayu, sendu, sedih, tenang, berkesan jauh, mendalam, tak terhingga, tetapi cerah. Karena dihubungkan dengan langit, yakni tempat tinggal para dewa, Yang Maha tingg, surga, kahyangan, biru melambangkan keagungan, keyakinan, keteguhan iman, kesetiaan, kebenaran, kemurahan hati, kecerdasan, perdamaian, stabilitas, keharmonian, kesatuan, kepercayaan, dan keamanan.

  • Lambang PBB menggunakan warna biru sebagai symbol perdamaian.
  • Kaum gereja menghubungkan biru dengan pengharapan.
  • Biru juga melambangkan aristokrasi, darah bangsawan, darah ningrat, darah biru.
  • Biru dapat menenangkan jiwa, mengurangi nafsu makan.
Hijau
Warna hijau berasosiasi pada hijaunya alam, tumbuh-tumbuhan, sesuatu yang hidup dan berkembang. Hijau mempunyai watak segar, muda, hidup, tumbuh dan beberapa watak lainnya yang hampir sama dengan biru.
Dibanding warna-warna lain, warna hijau relatif lebih netral pengaruh emosinya, sehingga cocok untuk istirahat. Hijau sebagai pusat spektrum menghadirkan keseimbanan yang sempurna dan sebagai sumber khidupan. Hijau melambangkan kesuburan, kesetiaan, keabadian, kebangkitan, kesegaran, kemudaan, keremajaan, keyakinan, kepercayaan, keimanan, pengharapan, kesanggupan, keperawanan, kementahan/belum pengalaman, kealamian, lingkungan, keseimbangan, kenangan, dan kelarasan.

  • Di Jawa, keraton-keraton banyak menggunakan warna hijau dengan pernik-pernik merah dan kuning.
  • Masjid-masjid menggunakan warna hijau sebagai lambang keimanan.
Putih
Putih warna paling terang. Putih berasosiasi pada salju dunia Barat. Adapun di Indonesia, warna ini beraqsosiasi pada sinar putih berkilauan, kain kafan, sehingga dapat menakutkan anak-anak. Putih mempunyai watak positif, merangsang, cerah, tegas, mengalah. Warna ini melambangkan cahaya, kesucian, kemurnian, kekanak-kanakan, kejujuran, ketulusan, kedamaian, ketentraman, kebenaran, kesopanan, keadaan tak bersalah, kehalusan, kelembutan, kewanitaan, kebersihan, simple, kehormatan.

  • Di Barat, putih sebagai kostum pengantin Wanita sebagai lambang kesucian, tapi juga symbol peletakkan senjata dan tanda menyerah.
  • Bendera putih juga lambang perdamaian.
Hitam
Hitam adalah warna tergelap. Warna ini berasosiasi dengan kegelapn malam, kesengsaraan, bencana, perkabungan, kebodohan, misteri, ketiadaan, dan keputusasaan. Watak atau karakter warna ini adalah menekan, tegas, mendalam, dan "depressive". Hitam melambangkan kesedihan, malapetaka, kesuraman, kemurungan, kegelapan, bahkan kematian, teror, kejahatan, keburukan ilmu sihir,kedurjanaan, kesalahan, kekejaman, kebusukan, rahasia, ketakutan, seksualitas, ketidakbahagiaan, penyesalan yang mendalam, amarah, duka cita.

Akan tetapi hitam juga melambangkan kekuatan, formalitas dankeanggunan (elegance). Hitam memang misterius, karena hitam yang berdiri sendiri memiliki watak yang buruk, tetapi jika dikombinasi dengan warna-warna lain, hitam akan berubah total wataknya.

  • Sebagai latar belakang warna, hitam berasosiasi dengan kuat, tajam, formal, bijaksana.
  • hitam digunakan bersama-sama putih mempunyai makna kemanusiaan, resolusi, tenang, sopan, keadaan mendalam, dan kebijaksanaan.
  • Jaksa dan hakim di persidangan memakai toga hitam dengan dasi putih sebagai lambang kebijaksanaan.
  • Terdapat istilah "hitam manis" karena hitam setelah dikombinasi warna lain menjadi manis. Banyak kendaraan roda dua berwarna hitam dengan hiasan warna-warna yang nampak manis, dan ternyata paling banyak diminati.
Abu-abu

Abu-abu adalah warna paling netral, tidak adanya kehidupan yang spesifik. Abu-abu berasosiasi dengan suasana suram, mendung, ketiadaan sinar matahari secara langsung. Warn ini berada di antara putih dan hitam sehingga terkesan ragu-ragu. Karenanya, wataknya pun di antara hitam dan putih. Pengaruh emosinya berkurang dari putih, tetapi terbebas dari tekanan berat warna hitam, sehingga wataknya lebih menyenangkan walau masih membawa watak-watak putih dan hitam. Warna ini menyimbolkan ketenangan, kebijaksanaan, kerendahhatian, keberanian untuk mengalah, tutrun tahta, suasana kelabu, dan keragu-raguan. 

1 komentar:

  1. 1) Sudah bagus dalam mengetik. Pengetikan tanda baca juga rapi.

    2) Pengaturan paragraf tidak rata kanan kiri seperti yang sudah pernah dibahas secara langsung, maupun lewat tulisan komentar dan edmodo.

    3) Jarak antar paragraf dan numbering tidak konsisten. Pengaturan paragraf kombinasi Numbered List.

    BalasHapus